11 April 2015

ini sebenarnya pengalaman pribadi, beberapa kali diajakin bergabung dalam komunitas saling bantu-membantu keuangan.
awalnya saya hanya melihat informasi dari facebook saja bahwa ada komunitas yang menawarkan profit hingga keuntungan 30% dalam sebulan, baru pertama liat saja sudah senyum nyinyir...
datang darimanakah 30% itu..
entahlah.. :v
akhirnya saya cari informasi di internet, ternyata komunitas itu mewajibkan partisipan melakukan "pemberian bantuan" terlebih dahulu dengan nilai yang variatif mulai dari 100.000 sampai dengan maksimum 10.000.000 rupiah (pada waktu itu), lalu setelah kemudian memberikan bantuan barulah boleh "meminta bantuan" dengan kelebihan 30% dari nilai bantuan awal tersebut.
misalkan membantu 100.000, maka bulan depan akan mendapat bantuan sebesar 130.000.
amaejing lah pokoknya..
pemikiran saya saat itu, ini hanyalah money game alias permainan uang saja. tidak mungkin 30% datang dari langit; pasti datang dari member yang lain. dan ternyata ho-oh bener.. dari member lain...
ditempat kerja, saya mempelajari akuntansi meskipun saya bukan akuntan dikantor, tapi kerjaan saya masih bersenggolan dengan orang akunting. sedikit atau banyak pasti harus memahami akunting .
disitu saya bandingkan dengan sistem keuangan ini. ternyata kalkulasi saya menemui titik cerah bahwa sistem "komunitas bantu membantu" ini pada akhirnya hanya akan menciptakan gelembung hutang yang siap meledak kapanpun.
uhuuiii untung saya tidak bergabung dengan komunitas itu. kalau saya bergabung pasti akan menjadi bagian daripada gelembung utang yang makin lama makin bengkak.... kaya perut saya...

usut-punya usut ternyata ini sistem keuangan memiliki ideologi yang sangat hebat, yaitu ingin menghancurkan sistem keuangan dunia yang tidak adil!
saya tidak percaya dan sebenarnya tidak yakin darimanakah datangnya kata "tidak adil" itu?
pertanyaan itu akhirnya membawa saya ke sebuah blog yang bernama bukumonyet.


woi.. mungkin ini blog membahas tentang monyet!
pikir saya dalam hati.
ternyata blog itu membahas sistem keuangan yang tidak adil.
blog yang cukup panjang itu diawali dengan cerita fraud & Scam yang dilakukan oleh bankir dan pemerintah.
bla.. bla... bla.. panjang lebar pembahasan didalam blog itu.
sebuah cerita yang heroik dan membakar rasa perjuangan didalam diri kita terutama anak-anak muda
sampai akhirnya saya menemukan satu pembahasan tentang Fractional Reserve Banking yang membuat saya menghabiskan waktu berhari-hari untuk mempelajarinya..
apa sih yang dimaksud dengan Fractional Reverse Banking itu?
mungkin postingan berikutnya... hehe

0 komentar:

Posting Komentar

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!